3 artikel tentang kesan-kesan menggunakan perangkat lunak.................
-sangat menyenangkan terutama kalau kita bisa menggunakan atau pandai menggunakan perangkat lunak seperti, Photoshop, Auto Cade, Pro Desig, dan Corel Draw. Kita bisa melukis, mengedit gambar atau poto sesuai dengan apa yang kita inginkan mungkin masih banyak lagi perangkat lunak yang berhubungan dengan perangkat lunak sepertri diatas
-sangat membantu dalam menyusun sebuah skripsi, makalah, penyusun laporan, bahkan itungan secara otomatis bila kita menggunakan microsoft excel, munggkin adalagi peranggkat lunak yang berhubungan dengan penyusunan sebuah laporan, makalah, bahkan pengghitungan secara otomatos, tapi peranggkat lunak yang saya pernah tau atau pelajari baru microsoft excel.
-sangat menyengkan dan membantu bila kita sedang menggunakan komputer lebih lama kitatentu saja bosan apalagi bila banyak tugas yang harus di ketik tentu kita jenuh bahkan malas, nah dengan menggunakan perangkat lunak seperti winap kita bisa mendengarkan music sambil mengerejakan tugas atu sedang menggunakan komputer lama, pasti yang tadinya merasa jenuh atau bosan bisa jadi menyenangkan apa lagi sambil mendengarkan lagu paforit kita.
munggkin masih banyak lagi perangkat lunak yang bisa membantu dan menyenangkan namun yang bisa saya jelaskan kesan-kesan menggunakan perangkat lunak cuma seperti peranggat lunak di atas. Sangat membantu atau menyenangkan bukan menggunakan prenggkat lunak itu,,,,,,,,
Jadi bicara panjang lebar nie brow....hehehehehe,,,,...
Mohon jika ada kesalahan atau kekurangan dalam membuat artikel seperti diatas mohon kita perbaiki bersama yah cos saya juga masih dalam tahap belajar.
a. Perangkat lunak sistem opersi yang sering anda gunakan...
-window xp drak edition
Dulu saya pernah menggunakan perangkat lunak system operasi perangkat lunak yaitu microsoft xp drak edition,karena windows xp drak edition masih termasuk kedalam windows xp,jadi udah umum di gunakan banyak orang,selain ituh tampilannya juga tidak kalah jauh sama windows-windows sekaran ini contoh nya windows 7
-Windows 7
untuk sekarang ini saya mencoba atau memakai windows 7,saya ingin mengetauhi kelebihan windows 7 dengan windows-windows yang lainnya.
b.Perangkat lunak bahasa pemograman yang pernah anda pelajari/anda ketauhi……..
Microshoft Visual Basic
Micrhosoft Visual basic sering kita singkat dengan singkatan (VB).Merupakan sebuah bahasa pemograman yang menawarkan Integrated Development Environment(IDE)visual untuk membuat program perangkat lunak berbasis system oprasi Michrosoft windows dengan menggunakan medel pemograman (COM). Visual Basic merupakanturunan bahasa pemograman BASIC dan menawarkan pengembangan perangkat lunak computer berbasis grafik dengan cepat
ASP(Active Server Pegas)
Merupakan salah satu bahasa pemograman Web untuk menciptakan halaman web yang dinamis. Aktive Server Pegas(ASP) merupakan salah satu peroduk teknologi yang disediakan oleh Microsoft. ASP dip roses melalui web server dan hasil proses ini menghasilkan HTML yang akan di kirim melalui Browser.Dan ASP bekerja padaweb server dan merupakan server side scripting.
c.Perangkat lunak Fav yang pernahanda pakai………….
-Photosops Cs5
Merupakan salah satu aplikasi yang berpungsi untuk media gambar/pengeditan gambar
-Micrhosoft office
Merupakan salah satu aplikasi yang berpunggsi untuk bidang keuangan,pembukuaan,laporan,atau melakukan perhitungan secara otomatis
-Micrhosoft Word
Merupakan salah satu aplikasi yang berpungsi untuk bidang pembukuaan,penulisan sebuah laporan, menyusun sebuah makala, memnyusun sebuah skripsi,dan lain sebagainya.
-Mozilla Frefox
Merupakan salah satu aplikasi yang berpungsi untuk menghubunggkan antera computer dan jaringsn internet namun harus ada dorongan dari modem yang sedang conect
-Winamp
Merupakan salah satu aplikasi yang berpungsi untuk memperoses atau menampilkan dalam bentuk suara contoh nyaa,pemutaran mp3.
-Media Player Klasic
Merupakan salah satu aplikasi yang berpungsi untuk memperoses atau menampilkan dalam bentuk gambar, suara maupun Film,contoh nya pemutar vidio
-TuneUpUtilities2009-2010
Merupakan salah satu aplikasi yang berpungsi untuk merawat atau menyerpis semua aplikasi atau soptware, program yang ada di dalam computer.
-sweet home 3d
Merupakan salah satu aplikasi yang berpungsi untuk menbuat gambar atau menyusun dimana letak barang barang atau pelengkap rumah tangga yang ada di dalam sebuah rumah kita susun sesuai apa yang kita inginkan, contohnya, dalam kamar kita bias menyusun letak tempat tidur,meja blajar, dan lain sebagainya peralatan atau barang yang ada di dalam kamar
-Portable_Indo
Merupakan salah satu aplikasi yang berpungsi untuk mengartikan Inggris- Indonesia atau Indonesia Inggris, biasa disebut kamus inggris-Indo atau Indo-inggris
-Smadav84
Merupakan salah satu aplikasi yang berpungsi untuk melindungi computer atau soptware yang ada dalam komputrer tidak terjangkit virus yang bersumber pada plesdisc atau kabel data, biasa disebut anti virus
Perkembangan dan Klasifikasi Komputer
Komputer Merupakan alat yang dipakai untuk mengolah data menjadi informasi menurut prosedur yang telah dirumuskan.
Blaise Pascal
· Pada tahun 1642 dalam usia 19 tahun menemukan mesin penjumlah mekasin yang pertama.
· Digunakan untuk membantu ayahnya dalam perhitungan pajak.
· Tersusun atas 50 roda gigi (gear).
Charles Babbage
· Charles Babbage adalah ahli matematika dari Inggris, yang mengembangkan mesin penghitung otomatis.
· Dengan bantuan dari Lady Augusta Ada Lovelace, pada tahun 1834 Babbage mengembangkan mesin analitis untuk menghitung tabel astronomi untuk digunakan pada angkatan laut yang disebut “Different Engine”.
Herman Hollerith
· Herman Hollerith,pegawai statistik, mengembangkan mesin hitung yang disebut “Hollerith desk” untuk menangani sensus di AS tahun1890, dengan menggunakan sistem kartu-plong punched-card untuk mengkoleksi dan malakukan tabulasi data.
· Dengan menggunakan mesin ini, proses perhitungan sensus dapat diselesaikan dalam 2 tahun.
Herman Hollerith
· Pada akhir abad 18 mendirikan perusahaan “Tabulating Machine Company”.
· Setelah Hollerith pensiun pada tahun1904, Thomas Watson, Sr., menjadi presdir dan kemudian mengubah nama perusahaan menjadi International Business Machines Corporation (IBM).
John von Neumann
· John von Neumann, adalah jenius matematika dari Princeton, mengembangkan teori tentang penyimpan program dalam makalah yang berjudul “A Preliminary Discussion of the Logical Design of an Electronic Computing Instrument” tahun 1946.
· Ia adalah orang pertama yang menunjukkan kelebihan rangkaian berbasis biner dibanding desimal.
· Komputer Von Neumann, yang dikembangkan tahun1952, merupakan prototipe komputer skala besar saat ini.
Komponen Utama Komputer Generasi I – III
Three generation of computer’s component, vacuum tube, transistor, and IC
Debugger
· Salah satu programer utama Mark 1 adalah Grace Hopper seorang wanita.
· Ia yang pertama kali menemukan “bug” pada komputer, yaitu serangga semacam ngengat yang mati dan menghalangi pembacaan lubang pada pita kertas.
· Istilah Debugger selanjutnya digunakan untuk menghilangkan kesalahan pada program komputer.
Mauchly and Eckert ENIAC (Komputer Full Electronic pertama)
· lmuwan dari Universitas Pennsylvania, merancang dan mengembangkan Electronic Numerical Integrator and Computer (ENIAC) tahun 1945, yang dikenal sebagai komputer elektronik modern pertama.
· Komputer ini terdiri dari 18,000 vacuum tubes dan 500,000 sambungan solder, serta mempunyai berat lebih dari 30 ton.
ENIAC - details
Ø Menggunakan sistem Decimal (bukan binary)
Ø Memiliki 20 accumulator untuk 10 digits
Ø Diprogram secara manual melalui sakelar
Ø Berisi 18,000 vacuum tubes
Ø Berat 30 tons
Ø Luas 15,000 square feet
Ø Daya 140 kW
Ø Kecepatan: 5,000 penambahan per detik
Personal Computer
· Tahun 1976 mulai muncul komputer skala kecil yang dimaksudkan untuk digunakan oleh satu pengguna yang dikenal dengan Personal Komputer (PC)
· PC pertama yang dibuat adalah Altair 8800
· Apple merupakan salah satu PC yang dibuat pada tahun tersebut, yang saat itu harganya $600.
· Selanjutnya muncul IBM PC.
Intel
Ø 1971 - 4004
–Microprocessor pertama, CPU dalam 1 chip, 4 bit
Ø 1972 - 8008
–8 bit, Digunakan untuk aplikasi khusus
Ø 1974 - 8080
–Microprocessor general purpose yang pertama dari Intel
Ø 1978 - 8086, 80286
Ø 1985 - 80386
Ø 1989 - 80486
Hukum Moore
Ø Gordon Moore - cofounder of Intel
Ø Meningkatkan kerapatan komponen dalam chip
Ø Jumlah transistors/chip meningkat 2 x lipat per tahun
Ø Sejak 1970 pengembangan agak lambat
Ø Jumlah transistors 2 x lipat setiap 18 bulan
Ø Harga suatu chip tetap / hampir tidak berubah
Ø Kerapatan tinggi berarti jalur pendek, menghasilkan kinerja yang meningkat
Ø Ukuran semakin kecil, flexibilitas meningkat
Ø Daya listrik lebih hemat, panas menurun
Ø Sambungan sedikit berarti semakin handal / reliable
Komputer generasi IV
Penggunaan LSI menggantikan IC perubahan performansi yang dramatis à ditandai dengan adanya konsep super komputer
LSI : pemadatan ribuan IC menjadi 1 chip
–LSI digantikan VLSI perubahan performansi meliputi à memori, kecepatan, yang diikuti perubahan peripheral2 terkait (contoh magnetik à optik dll)
Komputer Generasi V
Ø Base Mikroprosessor
Ø Kecerdasan buatan
Ø mini komputer
Ø Mobile Computer
Kesimpulan Generasi Komputer
v1946-1957 : Vacuum tube (Generasi I)
v1958-1964 : Transistor (Generasi II)
v1965-1971 : SSI - Small scale integration (Generasi III)
( Sekitar 100 transistor dalam satu chip )
v1971 : MSI - Medium scale integration
( 100-3,000 transistor dalam satu chip)
v1971-1977 : LSI - Large scale integration
( 3,000 - 100,000 transistor dalam satu chip)
v1978- : VLSI - Very large scale integration
( 100,000 - 100,000,000 transistor dalam satu chip)
vUltra large scale integration (Generasi IV dan V)
vMicroprocessor
( Over 100,000,000 transistor dalam satu chip )
Kesimpulan Pola perubahan komputer
•Mekanik àrelay à transistor àIC à LSI àVLSI
•Kapasitas kecil à à à à à kapasitas besar
•Kecepatan rendah à à à à à kecepatan tinggi
•Implikasi sistem komputer
–Bentuk Main frame à Personal komputer
–Performansi rendah (bandingkan mainframe dulu dan PC sekarang à performansi tinggi
–Sebagai sistem yang multitasking
–Berkembanganya konsep jaringan
1.Apa definisi atau pengertian dari cloud computing atau komputer awan?
Gabungan pemanfaatan teknologi computer dan pengembangan berbasis internet,computer awan ini juga memiliki pengertian suatu konsep umum yang mencangkup SAAS, Web2.0, Dan teknologi lainya.
2.Apa manfaat dari komputer awan tersebut ?
Manfaat umumnya adalah meningkatkan produktifitas perusahaan anda melalui kolaborasi antara staf dan managemen sesuai kebutuhan, dengan tetap mengedepankan biaya IT dan komunikasi perusahaan anda
Manfaat lainnya adalah
-Menghemat biaya(tidak membutuhkan unit pengolahan khusus)
-Tidak membutuhkan biaya lisensi terhadap software yang dipergunakan
-Mudah diotomatiskan(seorang depeloper tidak perlu khawatir terhadap software agar tetap up to date
3.Bagaimana prinsip kerja komputer awan?
Komputer awan memanfaatkan infrastruktur internet yang ada untuk menjalankan servicenya. Baik service atau layanan aplikasi, teknologi, media penyimpanan,dan lainnya.Konsepnya yang mencakup SaaS, Web 2.0 dan tren teknologi terbaru lain yang dikenal luas, dengan tema umum yang berupa ketergantungan terhadap internet untuk kebutuhan kompetasi pengguna.
4.Sebutkan dan jelaskan klasifikasi layanan dari komputer awan tsb?
1. Saas ( Software as a service )
Adalah layanan software yang di gunakan melalui internet. Pengguna hanya perlu menggunakan aplikasi tersebut tanpa harus mengerti bagaimana data di simpan, karena hal tersebut merupakan service yang disediakan oleh penyedia jasa.
Adalah layanan software yang di gunakan melalui internet. Pengguna hanya perlu menggunakan aplikasi tersebut tanpa harus mengerti bagaimana data di simpan, karena hal tersebut merupakan service yang disediakan oleh penyedia jasa.
2. Paas ( Platform as a service )
Adalah penyediaan platform bagi developer yang di sediakan melalui internet. PaaS memunginkan kita untuk membangun aplikasi, mengupload aplikasi, ataupun mengatur konfigurasi yang dibutuhkan dalam proses pengembangan aplikasi.
3. Iaas ( Infrastucture as a service )
Adalah Penyediaan infrastruktur yang disediakan melalui internet dan dibayarkan berdasarkan pemakaian. IaaS memberikan kendali penuh bagi pengguna layanan untuk menyewa infrastruktur IT secara virtual tanpa sistem operasi, yang tentunya pemilihan sistem operasi tersebut dipilih berdasarkan keinginan pengguna.
3. Iaas ( Infrastucture as a service )
Adalah Penyediaan infrastruktur yang disediakan melalui internet dan dibayarkan berdasarkan pemakaian. IaaS memberikan kendali penuh bagi pengguna layanan untuk menyewa infrastruktur IT secara virtual tanpa sistem operasi, yang tentunya pemilihan sistem operasi tersebut dipilih berdasarkan keinginan pengguna.
5.Berikan contoh perusahaan dari tiap klasifikasi komputer awan tsb minimal 2 perusahaan dan 2 layanan dari tiap klasifikasi ?
- Dari SaaS (software as a service)
Google docs, Facebook, Aplikasi CRM berbayar.
-PaaS (Platform as a service)
Microsoft azure dan Amazon Web services
-Iaas (Infrastructure as a service)
Virtual private seperti Windows server hyper-V, VM-Ware virtualization
Google docs, Facebook, Aplikasi CRM berbayar.
-PaaS (Platform as a service)
Microsoft azure dan Amazon Web services
-Iaas (Infrastructure as a service)
Virtual private seperti Windows server hyper-V, VM-Ware virtualization
Input – Proses – Output
Input Device adalah alat yang digunakan untuk menerima inputan dari luar. Inputan bisa berupa data ataupun perintah. Alat input antara lain meliputi:
ØPapan ketik (Keyboard);
ØPointing Device (Mouse, Touch Pad,Light Pen);
ØScanner (MICR);
ØSensor (Digitizing Camera);
ØVoice Recognition (Microphone)
ØVideo Recognition (Web Cam)
Output merupakan hasil dari pengolahan data masukan dari input. Output dari pengolahan tersebut antara lain berupa :
• Tulisan C Huruf, angka dan simbol
• Image C Gambar atau grafik
• Suara C Musik, lagu Untuk output berupa tulisan dan image hasil bisa ditampilkan ke layar monitor atau dicetak dengan printer. Sedangkan sound hasil ditampilkan oleh speaker.
CENTRALPROCESSING UNIT
Alat yang utama pada bagian process adalah CPU. CPU merupakan tempat pemorsesan data atau perintah yang dimasukkan dari input dan kemudian informasi yang dihasilkan dikeluarkan atau ditampilkan ke alat output.
CPU terdiri dari dua bagian utama yaitu Control Unit (CU) dan Arithmetic and Logic Unit (ALU). CU bertugas mengatur dan mengendalikan semua peralatan yang ada pada sistem komputer sedangkan ALU bertugas melakukan semua perhitungan aritmatika sesuai dengan instruksi
program.
1.Cari teknologi-teknologi dari tiap komponen Input minimal 5 komponen inputan dan jelaskan teknologi-teknologi tersebut.......
a. Keyboard
Keyboard ini salah satu komponen input yang di gunakanan untuk peranti pemasukan data baik berupa huruf,angka maupun simbol simbol dan perintah perintah.
Perkembangan teknologi yang tebaru dari keyboard: Keyboard Engange Compact K2418B dari Smarfish
Perkembangan teknologi yang tebaru dari keyboard: Keyboard Engange Compact K2418B dari Smarfish
Keyboard ini dilengkapi dengan teknologi ErgoMotion yaitu teknologi keyboard yang secara otomatis akan menyesuaikan posisi dan bentuk keyboard dengan posisi tangan dan tekanan tangan ketika anda mengetik.Sehingga tidak membuat tangan cepat pegal dan cepat lelah.
b. Mouse
Mouse juga merupakan salah satu input untuk menggerakan pointer pada komputer atau layar monitor.
Teknologi mouse terkini : Microsoft mouse terbaru yang bernama Exploler Touch
Microsoft ini mempunyai bentuk yang sangat menarik dan keren abis . Bukan hanya itu mouse ini mempunyai kemampuan sentuh/touch yang canggih. Kemampuan itu menggunakan teknologi Blue Track yang membuat mouse bisa digunakan di hampir setiap permukaan apakah itu seperti karpet sofa atau kaca. Mouse ini juga menjanjikan baterai super lama yang bertahan sampai 18 bulan.
Mouse juga merupakan salah satu input untuk menggerakan pointer pada komputer atau layar monitor.
Teknologi mouse terkini : Microsoft mouse terbaru yang bernama Exploler Touch
Microsoft ini mempunyai bentuk yang sangat menarik dan keren abis . Bukan hanya itu mouse ini mempunyai kemampuan sentuh/touch yang canggih. Kemampuan itu menggunakan teknologi Blue Track yang membuat mouse bisa digunakan di hampir setiap permukaan apakah itu seperti karpet sofa atau kaca. Mouse ini juga menjanjikan baterai super lama yang bertahan sampai 18 bulan.
c.Scanner
Perangkat untuk mengambil masukan data gambar,foto, bahkan tulisan tangan.
Teknologi mouse terkini : Scanner 3D yang diluncurkan Ortery
Bingung kan tentang scanner 3D ini. Scanner 3D ini memiliki kemampuan untuk mentranformasikan bendaq yang ditaruh di dalam scanner yang dinamai Photosimile 5000 itu menjadi sebuah objek 3D virtual yang dimunculkan komputer.
d. Joystick
Joystick ini digunakan untuk menggendalikan aplikasi permainan (game)
teknologi dari joystick : XCM Rumble Joystick
Nah joystick ini adalah joystick pertama yaang support untuk permainan PS3. Alat ini memiliki 4 tombol yang bisa diprogram ulang untuk 20 tombol combo. Selain itu juga joystick ini dirancang dengan modus turbo sehingga perintah dalam sebuah tombol dapat langsung cepat di proses di dalam game ps3.
e.Webcam
Webcam adalah perangkat untuk merekam suatu gambar atau video.
Berikut ini teknologi dari webcam: LiveCam HD-3000 dari Microsoft
e.Webcam
Webcam adalah perangkat untuk merekam suatu gambar atau video.
Berikut ini teknologi dari webcam: LiveCam HD-3000 dari Microsoft
Webcam ini mempunyai kemampuan atau teknologi berupa TrueColor Technology untuk mentransferkan kecerahan dan warna yang sesungguhnya dalam kondisi cahaya apapun. Jadi cahaya tidak terlalu mempengaruhi kualitas kecerahan dan warna yang sesungguhnya.
2. Cari teknologi-teknologi dari tiap komponen Output minimal 5 komponen outputan dan jelaskan teknologi-teknologi tersebut..............
a.Monitor
Monitor adalah perangkat output yang menampilkan data berupa gambar tampilan kerja di dalam suatu layar
Teknologi di dalam monitor: Monitor ViewSonic VX2451mph-LED
Monitor adalah perangkat output yang menampilkan data berupa gambar tampilan kerja di dalam suatu layar
Teknologi di dalam monitor: Monitor ViewSonic VX2451mph-LED
Monitor ini mempunyai teknologi yang ramah lingkungan.Proses manufakturnya bebas merkuri dan bebas racun.Dan konsumsi dayanya pun dapat di kurangi sampai 50% , serta video outputnya hanya mengkonsumsi 25W saja.VX2451mph-LED pun menawarkan resolusi 1080p yang menggunakan backlighting LED (Light Emitting Diode).LED mampu mengubah energi elektrik secara langsung menjadi sinar dan lebih efisien ketika mengkonsumsi energi.
b.Proyektor
Proyektor adalah perangkat atau alat untuk menampilkan tampilan dalam monitor dan biasanya dalam sebuah layar yang besar.
Teknologi proyektor : Tursion TS-102 Proyektor Pico Android
Proyektor adalah perangkat atau alat untuk menampilkan tampilan dalam monitor dan biasanya dalam sebuah layar yang besar.
Teknologi proyektor : Tursion TS-102 Proyektor Pico Android
Proyektor pico ini adalah proyektor berukuran kecil. Preyokter ini biasanya dapat di hubungkan dengan perangkat lain seperti laptop atau tablet.
c.Speaker
Speaker adalah perangkat penghasil suara.
Teknologi speaker : UFi UCube Compact USB Digital Speaker
Speaker adalah perangkat penghasil suara.
Teknologi speaker : UFi UCube Compact USB Digital Speaker
Speaker ini adalah keluaran dari UFi. Speaker ini bisa di sebut speaker yang kompak karena kemampuan sepasang speaker sama. Dalam masing masing speaker mendukung adanya Digital Signal Processing (DSP) Amplifier dan Wideband BMR (Balanced Mode Radiator) driver dengan daya output 15W. UCube juga memberikan wide listening angle sampai 170 derajat.
d.Printer
Printer adalah perangkat output sebagai penghasil sebuah gambar dan tulisan yang di cetak pada sebuah bidang datar berbentuk kertas. Ini adalah contoh dari teknologi printer : ZINK Photo Printer Portable
Printer ini adalah printer yang portable jadi bisa dengan mudah di pakai dimana saja dan kapan saja. Printer ini menggunakan teknologi Zero Ink Printer. Printer ini mencetak foto tanpa menggunakan tinta printer. Keren ga tuh???. Karena printer ini tidak menggunakan tinta printer maka sebagai gantinya untuk mencetak foto ZINK printer ini menggunakan kertas khusus yaitu ZINK Paper dan hasilnya pun sangat memuaskan.
Printer adalah perangkat output sebagai penghasil sebuah gambar dan tulisan yang di cetak pada sebuah bidang datar berbentuk kertas. Ini adalah contoh dari teknologi printer : ZINK Photo Printer Portable
Printer ini adalah printer yang portable jadi bisa dengan mudah di pakai dimana saja dan kapan saja. Printer ini menggunakan teknologi Zero Ink Printer. Printer ini mencetak foto tanpa menggunakan tinta printer. Keren ga tuh???. Karena printer ini tidak menggunakan tinta printer maka sebagai gantinya untuk mencetak foto ZINK printer ini menggunakan kertas khusus yaitu ZINK Paper dan hasilnya pun sangat memuaskan.
e.Plotter
Plotter ini hampir sama dengan printer, tapi printer ini mencetak gambar atau tulisan beberapa kali lebih besar daripada hasil dari cetakan printer.
Plotter ini hampir sama dengan printer, tapi printer ini mencetak gambar atau tulisan beberapa kali lebih besar daripada hasil dari cetakan printer.
teknologi dari plotter :Designjet T1200
3.Sebutkan 3 Merk Processor yang anda ketahui dan jelaskan 5 teknologi dari tiap processor tersebut.........
a.INTEL
Teknologi dari INTEL: Pentium4, dual core, core 2 duo, core i3, core i5
b.AMD
Teknologi dari AMD:
c.CYRIX
Teknologi dari CYRIX:
PengenalanHardware Komputer
Personal Computer
Ø Monitor
Ø Motherboard
Ø Processor
Ø RAM
Ø Expansion card
Ø Power supply
Ø Optical disc drive
Ø Hard disk
Ø Keyboard
Ø Mouse
Ø Lan Card
Ø Multi media card
Ø Vga card
Ø Soun card
Ø Zip Dripe
Ø Floppy drive
Ø CD/DVD/BL ROM
Ø Power suplay
KEYBOARD
· Media input utama dari sebuah komputer
· Data atau perintah dimasukkan dengan menekan serangkaian tombol (huruf yang ada)
· Susunan huruf mirip mesin ketik manual ditambah dengan berbagai tombol seperti: enter; esc; arrow key; numerical keypad dan sebagainya.
Mouse
mouse
· Media input “Perintah” berbasis grafis.
· Bekerja dengan “klik”
· Tiap klik mewakili beberapa perintah jika harus diketikkan
motherboard
· Merupakan tempat “bersatunya” seluruh komponen pada komputer.
· Input dan Output dihubungan dengan Prosess melalui IO Port.
· Masing-masing Motherboard memiliki konfigurasi tersendiri
processor
· Merupakan “Otak”dari sebuah komputer
· Bertugas mengatur seluruh proses kerja pada komputer
· Dibagi menjadi dua bagian umum
· CU (Control Unit)
· ALU (Arithmetic and Logic Unit)
Monitor
· Media output yang utama.
· Output bersifat “Soft Copy”
· Dibedakan atas resolusi / ketajaman gambar.
Harddisk
· Media penyimpanan yang utama dari sebuah komputer
· Menyimpan data maupun operating system dari komputer
· Kapasitas besar menurut hukum Moore
· Masih belum tergantikan oleh SSD (penyimpanan elektronik murni)
Memory
· Tempat penyimpanan sementara baik program maupun data.
· Bersifat “Volatile” tergantung pada arus listrik
Multimedia card
· Untuk para editor Movie peralatan ini yang paling penting dan harus ada
Vga card
· Menghubungkan antara CPU dengan monitor
· Semakin besar kemampuan VGA semakin bagus tampilan yang dihasilkan, diperuntukan para Gamers
Sound card
· Sound Card menghubungkan perangkat audio ke komputer.
· Input dari microphone
Floppy drive
· Media penyimpanan bersifat mobile (mudah dipindahkan)
· Kapasitas sangat terbatas
· Lebih cepat rusak apabila dipakai berulang kali atau terkena air dan medan magnet
Cd/DVD/Blu Ray rom
· Media penyimpanan yang bersifat mobile (mudah dipindahkan)
· Kapasitas penyimpanan besar
· Lebih awet dibandingkan floppy
· Kapasitas lebih besar dari floppy
Power supply
· Sumber daya utama sebuah komputer
· Mengalirkan listrik ke seluruh komponen komputer
· Semakin banyak teknologi yang ditanam di PC kapasitas daya yang harus dihasilkan oleh PS harus semakin besar
Casing
Dipilih sesuai dengan kebutuhan dan teknologi apa yang akan ditanam didalam Personal Computer yang dirakitnya.Tempat menampung semua komponen yang di di dalam CPU
Io Port
berfungsi untuk menghubungkan perangkat Input dan Output dengan CPU. Jenis Port yang ada pada komputer antara lain:
Ø Port paralel (LPT1 atau LPT2)
Ø Port Serial (Com1, Com2)
Ø Port AT / PS2
Ø USB Port
Ø Port VGA
Ø Port Audio
BUS
Bus adalah saluran untuk menghubungkan satu bagian komputer dengan bagian yang lain
· System bus (data, instruction, control)
· PCI (Peripheral Component Interconnect):menghubungkan board komponen peripheral dengan system bus
· AGP (accelerated graphics port): bus khusus untuk grafis berkapasitas tinggi (mis: utk game, video)
· USB (Universal Serial Bus): menjadi de-facto standard untuk menghubungkan komponen peripheral. USB menjadi pilihan menarik karena kemampuannya untuk “hot pluggable”
· Firewire (IEEE 1394) bus: untuk menghubungkan peralatan audio/video
Pengenalan Media Penyimpanan Data
(storage)
Definisi
Media Penyimpanan merupakan peralatan fisik yang menyimpan representasi data.
Terbagi menjadi 2 golongan, yakni :
Ø Penyimpanan Primer : memori yang dapat diakses langsung oleh prosesor
•kecepatan akses tinggi, kapasitas lebih kecil, dan berharga mahal (Internal Storage).
Ø Penyimpanan Sekunder : memori yang diakses prosesor melalui piranti I/O
•kecepatan akses rendah, kapasitas besar, dan berharga lebih murah (Eksternal Storage).
Primary Storage
•Random Access Memory (RAM)
volatile : dapat ditambah, diubah, dihapus pada keadaan ada arus listrik
•Read-only Memory (ROM)
non-volatile : tidak dapat ditambah, diubah, dihapus
ROM menyimpan perintah-perintah BIOS (Basic Input/Output System) yang diperlukan saat boot-up
•Cache
–Tempat penyimpanan untuk data / instruksi yang sering dibutuhkan CPU.
Random Access Memory (RAM)
Ø Berdasarkan cara kerja:
· Dynamic RAM (DRAM)
· Fast Page Mode DRAM (FPM DRAM)
· Extended Data Output DRAM (EDO DRAM)
· Synchronous DRAM (SDRAM)
· Rambus DRAM (RDRAM)
· Double Data Rate SDRAM (DDR SDRAM)
Untuk video :
· Video RAM (VRAM)
· Windows RAM (WRAM)
· Synchronous Graphic RAM (SGRAM)
· Static RAM (SRAM)
Berdasarkan Module:
· Single Inline Memory Module (SIMM)
· Double Inline Memory Module (DIMM)
· RIMM (Rambus)
Berdasarkan jumlah pin : 30 pin, 72 pin, 168 pin
Berdasarkan kecepatannya (nanosecond)
Read-only Memory (ROM)
· ROM: Read Only Memory
· PROM: Programmable ROM
· ROM burner
· EPROM (Erasable PROM)
· EEPROM (Electrically EPROM)
Cache
Biasanya Cache ini terdapat pada processor dan dari tingkatan memory cache ini adalah yang paling mahal
· L1-Cache
· L2-Cache
Hubungan antara waktu akses , kapasitas dan harga:
Semakin kecil waktu akses, semakin besar harga per bitnya
Semakin besar kapasitas, semakin kecil harga per bitnya
Semakin besar kapasitas, semakin besar waktu aksesnya
Secondary Storage
Berdasarkan cara akses:
Ø Sequential Access Storage Device (SASD, sekuensial = berurut): Magnetic tape, punched card, punched paper tape
Ø Direct access storage device (DASD):
Ø magnetic disc : Floppy disk / diskette, hard disk (fixed disc)
Ø optical disc : CD-ROM, DVD, FMD
Ø gabungan: magneto-optical disc
Ø Electrical storage
Ø Flash Disk
Ø MMC,SD,Memory Stick,CF
Ø SSD (Solid state disk)
Punch Card
· Dikembangkan pada tahun 1887 oleh Prof. Dr. Herman Hollerith.
· Pertama kali digunakan untuk memproses data sensus di Amerika tahun 1890.
· Kumpulan kartu plong disebut Deck.
· Deck dari kartu plong sejenis akan membentuk file.
· Kartu plong disebut sebagai sebuah unit record.
Paper Tape
· Merupakan lembaran kertas continous yang umumnya berukuran lebar 2,5 cm (1 inch) atau 7/8 inch.
· Karakter direkam dengan cara melubanginya, dengan menggunakan paper tape punch.
· Posisi pelubangan menggunakan kombinasi dari 5 baris lubang atau 8 baris lubang (channel).
· Magnetic Tape
· Untuk tape yang panjangnya 2400 feet, dapat menampung kira-kira 23 juta karakter.
· Penyimpanan data pada tape adalah dengan cara sequential.
Floppy Disk
· Ukuran: 5.25", 3.5"
· Bagian-bagian: cookie, serbuk logam
· Proses format : pembentukan sector (sector method). Timing hole : titik awal (sektor awal).
· soft sectored : secara software
· hard sectored : secara hardware
Floppy Disk (2)
· Permukaan rekam
· single side (SS)
· double side (DS)
Cluster
· cluster = beberapa sector dalam satu track
· satuan terkecil jumlah blok data yang dibaca / ditulis •Jika ukuran cluster 4 KB/cluster, maka data sebesar 5 KB memerlukan tempat sebesar 2 cluster
standard cluster:
· FAT16 : 32KB/cluster
· FAT32 : 4 KB/cluster
Hard disk
•Bagian-bagian hard disk:
· Magnetic disc
· Access Arm
· Read / Write Head
Hard disk (2)
•hard disk controller: IDE (Intellegent Drive Electronics; Integrated Drive Electronics), ATA, Fast ATA, Fast ATA-2
•Waktu akses (access time) dipengaruhi:
Ø seek time : waktu untuk memposisikan access arm - track
Ø head switching : waktu untuk mengaktifkan read/write head.
Ø rotational delay : waktu menunggu piringan berputar hingga data yang harus dibaca berada di bawah head (sector).
Optical Disk
Media: optis. Data dibedakan berdasarkan
Ø pit, noda bakar cembung = bit 0
Ø land, tidak ada noda bakar = bit 1
Varian:
Ø CD
Ø DVD
Ø HD DVD
Ø Blu-Ray
Compact Disc
Ø Kecepatan : transfer rate = 1x = 150KB/second
Ø Write Once Read Many (WORM)
Ø Write Many, Read Many (WMRM)
CD-R = CD Recordable CD-RW = CD ReWriteable CD-I = CD-Interactive
DVD (Digital Versatile Disk, awalnya Digital Video Disk)
•Tranfer data pada DVD drive sekitar 1,4 MB/det
•Saat ini berkembang 4 format DVD, yaitu :
Ø Bersisi tunggal dengan lapisan tunggal (kapasitas 4,7 GB)
Ø Bersisi tunggal dengan lapisan ganda (kapasitas 8,5 GB)
Ø Bersisi ganda dengan lapisan tunggal (kapasitas 9,4 GB)
Ø Bersisi ganda dengan lapisan ganda (kapasitas 17 GB)
HD DVD
· Memiliki kapasitas penyimpanan 15GB sampai 30GB.
· Dikeluarkan oleh Thosiba
Blu Ray Disc
· Memiliki kapasitas penyimpanan 20 GB sampai 50 GB.
· Dikeluarkan oleh Sony
· Kompresi video mutakhir
· Resolusi video hingga 1080p di resolusi 1920 x 1080
· Transfer data berkecepatan tinggi di 50 Mbps
· Perlindungan anti-pembajakan
PENGENALAN PERANGKAT LUNAK (SOFTWARE)
FUNGSI PERANGKAT LUNAK (SOFTWARE)
Merupakan program yang berisi instruksi atau perintah yang dimengerti oleh komputer untuk melakukan kegiatan seperti menghitung, menggambar, dan menghasilkan suara, sehingga ada komunikasi antara komputer dengan pemakai.
PERKEMBANGAN PEMBUATAN PERANGKAT LUNAK
•Bentuk paling primitif dari perangkat lunak, menggunakan aljabar Boolean, yang di representasikan sebagai binary digit (bit), yaitu 1 (benar / on) atau 0 (salah / off), cari ini sudah pasti sangat menyulitkan, sehingga orang mulai mengelompokkan bit tersebut menjadi nible (4 bit), byte (8 bit), word (2 byte), double word (32 bit).
•Kelompok-kelompok bit ini di susun ke dalam struktur instruksi seperti penyimpanan, transfer, operasi aritmatika, operasi logika, dan bentuk bit ini di ubah menjadi kode-kode yang di kenal sebagai assembler.
EVOLUSI PERANGKAT LUNAK (1)
Era Pioner
· Bentuk perangkat lunak pada awalnya adalah sambungan-sambungan kabel ke antar bagian dalam komputer
· Cara lain dalam mengakses komputer adalah menggunakan punched card yaitu kartu yang di lubangi.
· Pada era ini, perangkat lunak merupakan satu kesatuan dengan perangkat kerasnya. Penggunaan komputer dilakukan secara langsung dan hasil yang selesai di kerjakan komputer berupa print out.
EVOLUSI PERANGKAT LUNAK (2)
Era Stabil
Pada era stabil penggunaan komputer sudah banyak di gunakan, tidak hanya oleh kalangan peneliti dan akademi saja, tetapi juga oleh kalangan industri / perusahaan.
Perusahaan perangkat lunak bermunculan, dan sebuah perangkat lunak dapat menjalankan beberapa fungsi, dari ini perangkat lunak mulai bergeser menjadi sebuah produk.
Baris-baris perintah perangkat lunak yang di jalankan oleh komputer bukan lagi satu-satu, tapi sudah seperti banyak proses yang di lakukan secara serempak (multi tasking).
Sebuah perangkat lunak mampu menyelesaikan banyak pengguna (multi user) secara cepat/langsung (real time). Pada era ini mulai di kenal sistem basis data, yang memisahkan antara program (pemroses) dengan data (yang di proses).
EVOLUSI PERANGKAT LUNAK (3)
Era Mikro
Sejalan dengan semakin luasnya PC dan jaringan komputer di era ini, perangkat lunak juga berkembang untuk memenuhi kebutuhan perorangan.
Perangkat lunak dapat di bedakan menjadi
· Perangkat lunak sistem yang bertugas menangani internal
· Perangkat lunak aplikasi yang di gunakan secara langsung oleh penggunannya untuk keperluan tertentu.
Automatisasi yang ada di dalam perangkat lunak mengarah ke suatu jenis kecerdasan buatan.
EVOLUSI PERANGKAT LUNAK (4)
Era Modern
Saat ini perangkat lunak sudah terdapat di mana-mana, tidak hanya pada sebuah superkomputer dengan 25 prosesornya, sebuah komputer genggampun telah di lengkapi dengan perangkat lunak yang dapat di sinkronkan dengan PC.
Tidak hanya komputer, bahkan peralatan seperti telepon, TV, hingga ke mesin cuci, AC dan microwave, telah di tanamkan perangkat lunak untuk mengatur operasi peralatan itu.
KLASIFIKASI PERANGKAT LUNAK (1)
· SISTEM OPERASI
· PERANGKAT LUNAK BAHASA
· PROGRAM APLIKASI
KLASIFIKASI PERANGKAT LUNAK (2)
Sistem Operasi : saat komputer pertama kali di hidupkan, sistem operasilah yang pertama kali di jalankan, sistem operasi yang mengatur seluruh proses, menterjemahkan masukan, mengatur proses internal, memanejemen penggunaan memori dan memberikan keluaran ke peralatan yang bersesuaian, contoh sistem operasi : DOS, Unix, Windows 95, IMB OS/2, Apple’s System
Perangkat Lunak Bahasa: merupakan perangkat lunak yang bertugas mengkonversikan arsitektur dan algoritma yang di rancang manusia ke dalam format yang dapat di jalankan komputer, contoh bahasa pemrograman di antaranya : BASIC, COBOL, Pascal, C++, FORTRAN
Aplikasi : sistem operasi merupakan perangkat lunak sistem dengan fungsi tertentu, misalnya pemeriksaan perangkat keras (hardware troubleshooting), memeriksa disket yang rusak (bukan rusak fisik), mengatur ulang isi harddisk (partisi, defrag), contoh Utilty adalah Norton Utility
Sistem Operasi Untuk mengendalikan prog kerja komputer secara mendasar.
Seperti :
•Free BSD
•Proses • MS DOS
•Output • Microsoft windows
•Mengatur memori •Linux
•Penjadwalan processor •Macintosh
•Distro Linux
Perangkat Lunak Bahasa (1)
Program yang digunakan untuk menerjemahkan instruksi-instruksi yg ditulis dalam bahasa mesin agar dapat diterima & dimengerti oleh computer
Perangkat Lunak Bahasa (2)
· Bahasa Tingkat Rendah
· Bahasa Tingkat Menengah
· Bahasa Tingkat Tinggi
BAHASA TINGKAT RENDAH (MACHINE LANGUAGE)
Merupakan bahasa yang digunakan di dalam komputer itu sendiri (bil.biner → 1 & 0)
· Assembly Language
· RPG (Repeat Program General)
BAHASA TINGKAT MENENGAH
Bahasa dalam komputer yang menggunakan singkatan dan sudah mendekati bahasa sehari-hari.
BAHASA TINGKAT TINGGI
Merupakan bahasa komputer yang sudah dibuat dan dikembangkan dengan menggunakan bahasa sehari-hari
· Basic
· Cobol
· Pascal
gram Fortran (Formula Translator)
PROGRAM APLIKASI (APLICATION SOFTWARE)
Merupakan suatu program paket yang telah dirancang dan dibuat khusus untuk kebutuhan tertentu
Ø Word Processing/Processor (Pengolah Kata)
Ø Program Database
Ø Program Spreadsheet
Ø Program CAD (Computer Aided Design)
Ø Program Layout Artikel (Publisher)
Ø Program Aplikasi Multimedia
Ø Program Aplikasi Internet
Ø Program Aplikasi Games
WORD PROCESSING/PROCESSOR (PENGOLAH KATA)
Merupakan salah satu program aplikasi dimana dalam pengoperasiannya menggunakan text (text basic).
· Wordstar Profesional
· Word Perfect
· Chiwriter
· Microsoft Word
· Word Star
PROGRAM DATABASE
Merupakan salah satu program aplikasi yang berfungsi untuk merancang atau membuat serta mengelola data base.
· Dbase
· Foxpro
· Microsoft Acces
Tidak ada komentar:
Posting Komentar